Featured Post

Berapa Kebutuhan Serat Harian Tubuh? Begini Cara Memenuhinya

kebutuhan-serat-harian

Kebutuhan serat harian merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan setiap orang. Pasalnya, serat memegang sejumlah peranan penting bagi kesehatan tubuh. Adapun salah satu manfaat serat yang paling utama ialah membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Lalu pertanyaannya, berapa banyak kebutuhan serat harian tubuh yang harus dipenuhi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, artikel berikut akan mengulas secara lengkap terkait konsumsi serat harian beserta tips memenuhinya. Check it out!

Kebutuhan Serat Harian Tubuh Berdasarkan Usia

Konsumsi serat harian pada setiap orang sebetulnya berbeda-beda, tergantung jenis kelamin dan kelompok umur. Bila merujuk pada Angka Kebutuhan Gizi (AKG) dari Peraturan Menteri Kesehatan Tahun 2019, kebutuhan serat harian tubuh berdasarkan usia adalah sebagai berikut.

  • Bayi usia 6-11 bulan memerlukan 11 gram serat per hari,
  • Anak usia 1-6 tahun memerlukan 19-20 gram serat per hari,
  • Anak usia 7-9 tahun memerlukan 23 gram serat per hari,
  • Anak laki-laki usia 10-18 tahun memerlukan 28-37 gram serat per hari,
  • Anak perempuan usia 10-18 tahun memerlukan 27-29 gram serat per hari,
  • Pria dewasa usia 19-49 tahun memerlukan 36-37 gram serat per hari,
  • Wanita dewasa usia 19-49 tahun memerlukan 30-32 gram serat per hari,
  • Pria dewasa usia di atas 49 tahun memerlukan 22-30 gram serat per hari,
  • Wanita dewasa usia di atas 49 tahun memerlukan 20-25 gram serat per hari.

3 Cara Memenuhi Kebutuhan Serat Harian

Sebagian orang tak menyadari bahwa kebutuhan serat tubuhnya belum tercukupi. Padahal, manfaat serat bagi tubuh sangatlah beragam. Manfaat tersebut di antaranya melancarkan pencernaan, menstabilkan gula darah, menurunkan kolesterol, dan mencegah berbagai risiko penyakit lainnya.

Lantas, bagaimana cara memenuhi kebutuhan serat harian tubuh? Ini tipsnya!

1. Menambahkan Sayuran dan Buah dalam Menu Sehari-hari

Sayur dan buah-buahan merupakan makanan tinggi serat yang mudah ditemukan maupun diolah. Maka dari itu, untuk memenuhi asupan serat harian, menjadikan sayuran sebagai lauk pauk dalam menu makan sehari-hari bisa jadi langkah yang efektif.

Di sisi lain, buah-buahan sangat cocok dijadikan pelengkap menu makan, mulai dari sarapan, sajian penutup, atau bahkan camilan di waktu senggang. Adapun jenis buah yang kaya akan serat adalah pisang, apel, pepaya, mangga, apel, dan alpukat.

2. Memilih Camilan dari Gandum Utuh

Konsumsi serat harian juga bisa dilakukan dengan cara memilih camilan yang terbuat dari gandum, seperti sereal, oatmeal, roti gandum, dan semacamnya. Pasalnya, gandum diketahui sangat tinggi akan nilai gizi dan serat sehingga kerap dijadikan sebagai pilihan makanan sehat sehari-hari.

3. Mengganti Beras Putih dengan Beras Merah

Jika selama ini beras putih menjadi makanan pokok sehari-sehari, maka cobalah ganti dengan beras merah. Beras merah merupakan sumber karbohidrat kompleks yang dinilai lebih sehat lantaran memiliki kandungan vitamin, mineral, dan juga serat tinggi.

Baca juga:

Scrubber, Suplemen untuk Penuhi Asupan Serat Harian

Menggunakan suplemen serat tambahan seperti Scrubber bisa menjadi cara memenuhi kebutuhan serat harian tubuh lainnya. Scrubber adalah minuman serat yang aman untuk dikonsumsi di samping makanan sehari-hari karena terbuat dari bahan-bahan alami.

Bukan cuma itu, Scrubber juga memiliki kandungan prebiotik yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan dan mencegah perut terasa begah. Demikian penjelasan mengenai kebutuhan serat harian tubuh beserta tips-tips memenuhinya.

Yuk, penuhi asupan gizi setiap hari untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Semoga bermanfaat!


Tidak ada komentar untuk "Berapa Kebutuhan Serat Harian Tubuh? Begini Cara Memenuhinya"