Featured Post

Cara Mengenal dan Mengobati Gangguan Mental OCD

 

tikeltikel.com

Tikeltikel.com - Kesehatan mental merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk dijaga dengan baik. Baru-baru ini salah satu bintang papan atas Aliando Syarief memaparkan bahwa dirinya mengidap salah satu gangguan mental yaitu OCD.

Gangguan mental  yang satu ini merupakan gangguan mental yang menimbulkan beberapa gejala seperti sikap obsesi. Obsesi merupakan sebuah sikap yang membuat pemikiran seseorang terlalu berlebihan terhadap suatu hal. Gangguan mental yang satu ini juga menyebabkan penderitanya cenderung selalu melakukan sesuatu secara berulang.

Obsessive compulsive disorder bisa menyerang siapa pun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Meski tidak bisa langsung disembuhkan 100%, namun proses pengobatan bisa dilakukan untuk menurunkan kadar gejala yang dimiliki oleh para penderita gangguan mental ini.

Cara Mengenali Gangguan Mental OCD

Setiap manusia tentu memiliki masalahnya masing-masing yang bisa jadi mempengaruhi kondisi mentalnya hingga akhirnya mengalami gangguan tertentu. Obsessive compulsive disorder memang belum bisa dideteksi penyebabnya secara pasti.

Namun ada beberapa tanda atau gejala yang bisa dikenali agar Anda bisa mengetahui apakah Anda mengalami gangguan mental ini atau tidak. Beberapa tanda gangguan mental tersebut diantaranya:

  • Takut berlebih saat berdekatan dengan benda kotor
  • Tidak nyaman dengan kondisi yang tidak jelas atau tidak pasti
  • Memiliki rutinitas aktifitas yang sangat ketat
  • Terlalu perhitungan terhadap berbagai hal kecil
  • Terlalu sering membersihkan tangan

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa gangguan mental yang satu ini menyebabkan sikap obsesif kompulsif atau pengulangan pada penderitanya. Namun tidak semua penderita OCD mengalami kedua gejala ini karena beberapa penderita bisa mengalami satu gejala saja atau pun mengalami keduanya.

Jika Anda mengalami salah satu gejala di atas, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Anda bisa mendatangi psikater terdekat untuk mengetahui apakah Anda menderita gangguan mental ini atau mungkin menderita gangguan mental yang lain.

Cara Mengobati Gangguan Mental OCD

Seperti disampaikan sebelumnya bahwa gangguan mental yang satu ini pada dasarnya tidak bisa disembuhkan 100% meski telah menjalani berbagai prosedur pengobatan. Hampir setiap penderita gangguan mental ini memiliki potensi untuk mengalami serangan kembali suatu saat meski telah mengikuti prosedur pengobatan yang ada.

Lantas apa saja prosedur pengobatan yang biasanya dilakukan pada penderita gangguan mental OCD? Berikut ini beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan penderita gangguan mental ini:

  1. Psikoterapi : terapi yang dilakukan melalui pembiasaan sikap dan sifat untuk menghapuskan kebiasaan atau gejala gangguan mental yang dialami
  2. Terapi Obat : dilakukan dengan menggunakan obat tertentu untuk dikonsumsi oleh penderita dengan dosis yang diatur langsung oleh dokter atau psikiater ahli

Setelah Anda didiagnosis menderita gangguan mental ini maka Anda akan segera mendapatkan penanganan khusus dari pisikiater sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Ingatkan untuk menerima obat tertentu maka pengobatan dengan menggunakan terapi obat akan dipilih, namun jika tidak memungkinkan maka psikoterapi akan lebih disarankan.

Itulah beberapa cara mengenali dan mengobati gangguan mental obsessive compulsive disorder yang perlu untuk Anda ketahui. Sangat penting untuk mengenali berbagai gejala gangguan mental agar Anda bisa segera mengambil tindakan untuk menghentikan perkembangan gangguan mental tersebut.

Gangguan mental memang harus dikenali sejak dini agar bisa segera ditangani dengan harapan gangguan mental tersebut tidak menyebabkan gangguan lain pada kehidupan sehari-hari. Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin kehidupan yang sehat dan bahagia.

Mengetahui gejala serta jenis pengobatan yang mungkin diterima para penderita OCD bisa menjadi gambaran penanganan gangguan mental. Menjaga kesehatan mental bisa membantu Anda untuk menjaga rutinitas kehidupan Anda.




Tidak ada komentar untuk "Cara Mengenal dan Mengobati Gangguan Mental OCD"