Featured Post

Penyebab Mata Panda Dan Cara Menghilangkannya

 

tikeltikel.com

Mata panda bisa dialami oleh siapa saja, baik laki–laki maupun perempuan. Mata panda ini ditandai dengan bagian kantung mata yang tampak lebih gelap dari warna kulit wajah. Orang yang mengalami mata panda, biasanya akan terlihat letih dan lebih tua dari usia  yang sebenarnya. 

Apakah mata panda hanya disebabkan karena kurang tidur? Untuk  penjelasannya simak ulasan berikut ini:

Penyebab Mata Panda

Mata panda sering dikaitkan dengan kondisi kurang tidur. Namun, kurang tidur bukan satu–satunya penyebab terjadinya  mata panda. Penyebab mata panda dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah sebagai berikut :

Kurang Tidur

Ketika Anda kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis. Selain mata panda, kurang tidur juga dapat membuat mata bengkak dan wajah tampak kusam. 

Dehidrasi

Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, kulit di bagian bawah mata akan terlihat cekung dan kusam. Inilah yang dapat membuat munculnya mata panda.

Kebiasaan Merokok dan Minum Minuman Beralkohol

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat menyebabkan mata panda. Efek mengonsumsi  minuman beralkohol dan merokok, lama–lama dapat membuat aliran darah di kulit wajah tidak lancar sehingga lingkaran di sekitar mata pun terlihat lebih gelap menyerupai mata panda.

Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Jika mata terkena paparan sinar matahari, dapat menyebabkan pigmentasi di kulit sekitar mata, sehingga warnanya menjadi lebih gelap. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya mata panda.

Faktor Genetik 

Mata panda juga dapat diturunkan dalam keluarga, misalnya dari orang tua ke anaknya. Tak hanya itu, orang yang memiliki kulit lebih  gelap juga lebih berisiko mengalami mata panda.

Baca juga:

Cara Mengenal dan Mengobati Gangguan Mental OCD

Self Healing Therapy untuk Kesehatan Mental

Bagaimana Cara Menghilangkan Mata Panda?

Setelah Anda mengetahui penyebab terjadinya mata panda, penting juga untuk mengetahui cara menghilangkan mata panda. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut!

Menggunakan Kompres Dingin

Menggunakan kompres dingin merupakan salah satu cara menghilangkan mata panda secara alami. Untuk menghilangkan mata panda, Anda bisa bisa memberi kompres dingin di bawah mata untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar. 

Caranya adalah dengan bungkus es batu dengan kain bersih atau bisa dengan merendam kain di dalam air dingin, lalu tempatkan di kulit sekitar mata yang gelap selama 15 – 20 menit. 

Meninggikan Posisi Kepala Saat Tidur 

Anda dapat meninggikan posisi kepala saat tidur dengan cara menumpuk dua bantal atau lebih. Cara ini dapat digunakan untuk menghilangkan mata panda dan juga dapat mengurangi pembengkakan di bawah mata akibat penumpukan cairan.

Menghindari Konsumsi Minuman Beralkohol

Minuman alkohol dapat menyebabkan dehidrasi ringan yang membuat mata panda semakin terlihat jelas. Selain itu, Mengonsumsi kopi berlebihan juga dapat membuat Anda terjaga lebih lama, sehingga mata panda pun semakin sulit hilang. Dengan menghindari konsumsi alkohol juga mejadi salah satu cara mengatasi mata panda.

Selain cara di atas, ada hal yang tak kalah penting yang harus Anda lakukan untuk mengatasi mata panda yaitu dengan menjaga waktu tidur agar mencukupi. Dengan mencukupi waktu tidur ini dipercaya bisa mengatasi dan menghindari terjadinya mata panda. 

Waktu tidur yang ideal setidaknya 7 - 9 jam setiap malam dan pastinya Anda harus menghindari tidur larut malam atau begadang. Itulah penyebab dan cara yang bisa Anda lakukan  untuk menghilangkan mata panda, Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Mata Panda Dan Cara Menghilangkannya"