Featured Post

Pentingnya Pemeriksaan Rutin dalam Program Hamil Sehat

 

Tips kehamilan sehat

Kehamilan merupakan suatu anugerah yang harus dijaga bahkan merupakan momen istimewa bagi bumil dan keluarga. Selama masa kehamilan 9 bulan tentunya bumil akan berusaha seoptimal mungkin agar kandungannya berada dalam kondisi yang sehat. Apalagi bagi pasangan yang merencanakan program hamil sehat, tentunya akan benar-benar teliti dalam hal yang berkaitan dengan kondisi ibu dan janinnya.

Perawatan yang optimal sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin dalam kandungan salah satunya dengan rutin memeriksakan kehamilannya. Sayangnya sebagian ibu hamil masih ragu-ragu untuk mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat dengan beberapa alasan.

Padahal langkah ini sangat penting dan dapat mempengaruhi perkembangan kesehatan baik fisik maupun mental sang ibu dan bayi. Lalu seberapa penting pemeriksaan dalam program hamil sehat? Berikut ulasannya!

Pentingnya Mengetahui Apa itu Pemeriksaan Kehamilan

Pemeriksaan kehamilan biasanya dilakukan untuk memastikan kesehatan optimal bagi ibu dan bayi dalam kandungan. Begitu kehamilan terdeteksi maka sebaiknya seorang ibu secara rutin melakukan pemeriksaan agar dapat menanggulangi segala kemungkinan risiko yang muncul.

Salah satunya pemeriksaan USG atau ultrasonografi pertama yang dilakukan untuk memastikan terdapat kantung kehamilan pada rahim sang ibu. Umumnya kantung kehamilan ini mulai tampak sejak hari ke-30 pada masa kehamilan dan berbentuk rongga yang berisi cairan mengelilingi embrio.

Paling tidak lakukan pemeriksaan dua kali di trimester pertama satu kali di trimester kedua dan juga satu atau dua kali di trimester ketiga. Pemeriksaan juga meliputi pemantauan perkembangan janin agar dapat diperhatikan suplemen dan vitamin yang baik untuk kesehatan ibu.

Mengapa Pemeriksaan Perlu Rutin Dilakukan?

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh ibu hamil jika melakukan pemeriksaan secara rutin:

Mencegah Komplikasi

Ibu hamil memiliki kondisi fisik yang cukup rentan mengalami komplikasi. Misalnya bagi yang memiliki diabetes dan hipertensi. Oleh karena itu sebaiknya melakukan pemeriksaan secara rutin agar dapat mengetahui seberapa besar kemungkinan mengalami komplikasi tersebut.

Pemeriksaan lain yang dilakukan untuk ibu hamil selain USG misalnya pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan area kaki apakah terjadi pembengkakan yang berpotensi pre eklampsia dan juga pemeriksaan lainnya.

Untuk Mengetahui Perkembangan Janin

Dengan dilakukan pemeriksaan secara rutin bukan hanya mengetahui kesehatan ibu tapi juga mengetahui kondisi tumbuh kembang janin. Dengan konsultasi secara rutin maka dapat diketahui bagian tubuh mana saja yang sudah muncul atau kemungkinan penyakit yang ada pada janin tersebut.

Teknologi yang semakin canggih dapat memudahkan pemeriksaan janin yang meliputi pemeriksaan detak jantung, posisi janin, berat badan janin dan juga jumlah air ketuban. Dengan demikian kesehatan janin sepenuhnya akan terpantau dengan baik.

Menambah Pengetahuan bagi Ibu Hamil untuk Persiapan Melahirkan

Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin maka ibu hamil akan mendapatkan informasi mengenai janin yang ia kandung. Secara tidak langsung, pengetahuan dan informasi mengenai kehamilan akan bertambah dari penjelasan dokter dengan melihat hasil pemeriksaan tersebut. 

Apalagi bagi ibu muda dengan kehamilan pertama tentunya akan sangat membutuhkan berbagai informasi yang penting agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.

Memilih Tempat yang Tepat untuk Pemeriksaan 

Dengan beberapa manfaat melakukan pemeriksaan secara rutin di atas maka penting pula untuk memilih tempat pemeriksaan yang tepat bagi ibu hamil. Salah satu rekomendasi klinik yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil adalah Klinik Kehamilan Sehat dari PT. Kehamilan Sehat Sejahtera.

Anda dapat melakukan pemeriksaan serta berkonsultasi dengan Dokter Spesialis dan bidan yang telah tersertifikasi. Selain itu ada pula senam hamil yang dibimbing oleh instruktur bersertifikasi.

Agus Jatmika Soegiarto yang merupakan pendiri Klinik Kehamilan Sehat, berkomitmen menyediakan pelayanan setara rumah sakit. Layanan yang tersedia diantaranya pemeriksaan kehamilan dan USG, persalinan normal, pemasangan IUD, senam hamil dan lainnya.

Dengan memilih klinik yang tepat untuk pemeriksaan dalam program hamil sehat maka kondisi kesehatan ibu dan bayi akan lebih terpantau dan optimal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat!


Tidak ada komentar untuk "Pentingnya Pemeriksaan Rutin dalam Program Hamil Sehat"