Featured Post

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Basic Skincare

Tikeltikel.com


Tikeltikel.com - Perawatan wajah menjadi salah satu aktivitas yang cukup banyak dilakukan oleh kaum wanita. Mulai dari menggunakan make up hingga skincare berkualitas tinggi sering kali dipilih oleh beberapa kalangan. Penggunaan basic skincare juga sering kali dipilih karena dinilai mampu memberikan manfaat yang maksimal.

Menggunakan berbagai produk skincare dasar memang perlu dilakukan agar membuat kulit wajah Anda terawat dan tidak mudah rusak. Untuk memilih produk skincare dasar yang akan digunakan, ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan di antaranya:

Sesuaikan dengan Jenis Kulit Wajah

Hal pertama yang wajib Anda perhatikan saat memilih skincare maupun make up adalah produk tersebut harus sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Ada beberapa jenis kulit wajah mulai dari kulit normal, kering, berminyak, sensitif dan kombinasi. Anda harus memastikan terlebih dahulu jenis kulit yang Anda miliki saat ini untuk bisa memilih produk kecantikan yang Anda butuhkan.

Baca juga: Resep Sawi Gulung, Makanan Sehat Kekinian

Satu hal yang juga perlu untuk Anda ingat bahwa jenis kulit wajah setiap orang bisa berubah. Jika saat ini Anda memiliki jenis kulit berminyak, maka bisa jadi 3 bulan yang akan datang kulit Anda berubah menjadi kulit normal jika dirawat dengan produk yang tepat. Saat jenis kulit pada wajah Anda berubah maka produk kecantikan yang Anda gunakan juga harus diganti sesuai dengan jenis kulit Anda.

Perhatikan Kandungan Pada Produk Skincare

Pemilihan produk perawatan wajah yang tepat bisa mempengaruhi hasil dari perawatan yang Anda lakukan. Meski Anda mengetahui cara penggunaan skincare yang tepat sehingga metode cleansing maupun metode skincare lainnya namun hal ini tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika produk yang Anda gunakan tidak tepat.

Cari produk dengan kandungan hyaluronic acid jika Anda memiliki kulit yang kering, niacinamide untuk kulit yang berminyak serta menghindari produk skincare dengan kandungan alkohol bagi pemilik wajah sensitif. Saat produk yang Anda gunakan memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh kulit Anda, maka hal ini bisa membuat manfaat dari produk tersebut lebih maksimal bekerja dalam kulit wajah Anda.

Lakukan Urutan Perawatan yang Benar

Hal lain yang perlu diperhatikan saat Anda akan merawat wajah adalah memahami proses atau urutan perawatan yang tepat. Skincare wajah hanya akan memberikan manfaat yang maksimal jika digunakan sesuai dengan urutan yang tepat. Dari skincare dasar yang harus dilakukan adalah cleansing, toning, moisturizing, dan protecting.

Baca juga: Tips Cepat Tidur agar Bisa Beristirahat dengan Baik dan Berkualitas

Dalam proses membersihkan wajah Anda juga sangat disarankan untuk melakukan double cleansing dengan menggunakan micellar water atau cleansing milk kemudian dilanjutkan dengan facial wash. Setelah membersihkan wajah Anda harus menggunakan toner, moisturizer dan sunscreen agar langkah perawatan wajah Anda bisa berjalan sempurna. Urutan perawatan wajah tidak dilakukan dengan benar maka produk tersebut bisa berpotensi menimbulkan masalah baru bagi wajah Anda.

Itulah beberapa hal yang wajib untuk Anda perhatikan saat Anda sedang memilih produk untuk merawat kulit wajah Anda. Saat memilih produk Anda bukan hanya harus mempertimbangkan brand atau manfaat yang ditonjolkan oleh produk tersebut. Anda juga harus mempertimbangkan ketiga hal diatas untuk memastikan manfaat dari produk tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda.

Saat Anda sudah mengenali jenis kulit wajah Anda memilih produk dengan kandungan yang tepat serta memastikan produk tersebut sesuai dengan urutan penggunaan yang lengkap maka Anda bisa lebih tenang saat menggunakan basic skincare tersebut. Kulit wajah yang cantik dan sehat berawal dari pemilihan produk kecantikan yang tepat.



26 komentar untuk "Perhatikan 3 Hal Ini Saat Memilih Basic Skincare"

  1. Meskipun nggak suka pakai makeup, tapi kalau pakai skincare lumayan rajin. Memilih skincare untuk kulit seperti saya agak susah. Nggak boleh sering ganti atau bisa-bisa jerawatan. Kadang, iseng pengin nyoba produk baru, yang ada malah rusak wajah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, mesti lebih teliti memilih produk yang sesuai

      Hapus
  2. Setuju, Mbaa
    Penting bgt mengenali kondisi kulit kita seperti apa
    Kadang yg cocok untuk teman, belum tentu cocok untuk kita 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul mba .. jangan sampai tergiur karena produknya viral aja ya karena belum tentu cocok di kulit qta

      Hapus
  3. Yupp mbaaa, bener banget tentang basic skincare ini ngga hanya ikut-ikutan dari skincare yang lagi happening. Tapi tahu banget kondisi kulit dan yg dibutuhkan sama kulit. Aku type oily skin dan sensitif, jd menghindari yg mengandung alkohol tinggi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, banyak yang rekomendasikan back to basic aja tanpa banyak pilihan ini itu he

      Hapus
  4. Skin care sudah kewajiban bagi sya kak. Hhehhhe. Karena sama suami buat make up an tidak diizinkan. Jadi mau nggak mau, sya harus tahu skin care sesuai kebutuhan kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penting memilih yang benar-benar cocok ya apalagi tidak mengandalkan make up. Kulit wajah lebih terawat dengan skincare yang tepat

      Hapus
  5. Wah ternyata perawatan untuk Cewek banyak sekali ya hehe

    Harus bener² kerja keras agar si Istri nanti mukanya Glowing, terimakasih Mbak infonya bisa sebagai gambaran kalau nanti nikah bisa memanjakan istri dengan skin care

    BalasHapus
  6. Singkat, padat, dan jelas. Menyesuaikan jenis kulit dan kandungan skincare itu penting banget untuk mencari produk yang cocok. Mengetahui bahan aktif / komposisi / kandungan produk skincare juga perlu dilakukan untuk mengetahui apakah satu bahan bisa digunakan dengan bahan yang lain. Kan, ada tuh yang bahan aktif nya gak bisa dipakai bersamaan dengan bahan aktif dari skincare lain. Juga, mungkin ada komposisi tertentu yang ingin dihindari seperti alkohol, pewangi, paraben, dll.. Thanks infonya Kak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mengetahui kandungan pada suatu produk kini penting

      Hapus
  7. Sekarang banyak macam skincare. Tinggal bagaimana kita memilih yaa. Kebanyakan lebih suka cepat ada perubahannya atau cepat putih. Padahal setiap kulit berbeda kebutuhannya ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, kulit perlu penyesuaian dan lebih baik kalo perubahan nya bertahap

      Hapus
  8. Nah pas bagian urutan kadang suka males, bukannya glowing malah hinyay heheh aku denyamannya aja mba klo pas wajah kering ya tambahin skincare, klo pas berminyak ya kurangi skincare

    BalasHapus
  9. belakangan saya pun jadi memperhatikan kulit, pakai skincare biar kulit sehat terawat. Apalagi udah 30+ dan bintik hitam sudah mulai menyapa huhuhh

    BalasHapus
  10. Kulit wajah yang cantik dan sehat berawal dari pemilihan produk kecantikan yang tepat. Ini langsung menancap banget di otak serta hati saya. Hahaha. Sudah mau menuju jempita saatnya memperhatikan kulit. Wih, udah ada yang punya 2 blog nih. Ngeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngeri2 sedep hehe. Mesti bener2 teliti milih yang pas ya

      Hapus
  11. Betul, betul, betul, kata Upin Ipin :D Hal utama adalah mengetahui dulu jenis kulit wajah kita termasuk jenis apa. Kalau sudah tahu jenis kulit wajah, lebih mudah memilih produk skincare yang sesuai ya, Kak. :)

    BalasHapus
  12. Untuk usia jelita saya (jelang lima puluh tahun) nyari skincare yang anti aging aja. hehe. dan rajin facial sendiri pake alat facial, maklum tukang facial panggilan

    BalasHapus
  13. Dua tahun belakang ini aku mulai rajin pakai rangkaian skincare, dari micelar water, toner, dan serum. Karena, faciak wash dan cream saja tidak cukup. Apalagi makin usia bertambah, makin banyak saja ini masalah kulit. Jadi, lebih aware deh dengan kesehatan kulit wajah.

    BalasHapus
  14. setuju banget sama tips di atas. yang paling dasar memang kita harus mengenali kulit kita dulu biar bisa menentukan kira-kira harus pakai produk dengan kandungan apa

    BalasHapus

Posting Komentar