Featured Post

Tips Cepat Tidur Agar Bisa Istirahat dengan Baik dan Berkualitas

 

tikeltikel.com

Tiketikel.com - Tidur termasuk salah satu aktivitas yang paling penting bagi setiap manusia. Tubuh setiap orang membutuhkan istirahat dan istirahat yang paling maksimal ialah tidur. Pada saat melakukan aktivitas ini seluruh organ tubuh benar-benar diistirahatkan sehingga saat bangun Anda bisa lebih baik dan sehat. 

Tubuh yang sudah lelah akan otomatis memberikan sinyal berupa rasa kantuk sehingga mengharuskan Anda untuk segera tidur. Akan tetapi, dalam keadaan tertentu seringkali Anda sulit mendapatkan rasa kantuk sehingga tak kunjung tertidur. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa tubuh sedang dalam masalah dan terdapat beberapa pemicunya. 

Tubuh yang terlalu lelah juga terkadang justru membuat Anda lebih sulit untuk tertidur. Bahkan dalam kondisi tubuh yang tidak mengalami keluhan apapun terkadang beberapa orang sulit untuk segera memejamkan mata. Terdapat tips cepat tidur yang bisa membuat anda segera beristirahat sehingga tubuh bisa lebih sehat dan fit. 

Beberapa tips dibawah ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin segera tertidur di waktu malam untuk mengistirahatkan tubuhnya. 

Memiliki Jadwal Rutin 

Di dalam tubuh manusia terdapat ritme sirkadian yang akan membuat seseorang tidur saat malam dan bangun di siang hari. Hal tersebut tetap saja sering mengalami gangguan sehingga Anda tidak bisa segera tertidur di malam hari. Salah satu hal yang bisa dilakukan ialah dengan selalu membiasakan tidur yang terjadwal.  

Dengan memiliki jadwal tidur yang tepat dan selalu sama akan mempermudah ritme sirkadian untuk melakukan fungsinya. Untuk melakukan salah satu tips cepat tidur ini Anda usahakan untuk tidak melakukan aktivitas apapun selama 30 - 45 menit sebelum tidur agar badan menjadi lebih rileks. 

Hindari Tidur Siang

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan agar bisa tertidur lebih cepat ialah dengan menghindari tidur siang. Tidur siang dalam waktu singkat memang cukup menyehatkan karena dapat meningkatkan kewaspadaan serta menjaga kesehatan secara keseluruhan. Akan tetapi jika terlalu lama maka kualitas tidur di malam hari akan terganggu sehingga Anda tidak bisa tidur lebih cepat. 

Tips cepat tidur seperti ini akan membuat Anda merasa lebih lelah dan mengantuk sehingga Anda bisa tertidur lebih cepat. Orang dewasa yang sering tidur siang akan mengalami penurunan kualitas tidur di malam hari. Beberapa diantaranya bahkan sering menunjukkan beberapa gejala gangguan pada tubuh seperti depresif, obesitas, dan keterbatasan gerak tubuh. 

Meditasi

Tips berikut yang bisa Anda lakukan ialah dengan melakukan meditasi yang dapat mengelola stres dengan baik. Meditasi akan membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga lebih mudah tertidur di malam hari. Meditasi ini bisa Anda lakukan seperti dalam gerakan yoga dengan cara mengatur pernafasan dan menenangkan pikiran. 

Hal ini bisa dilakukan beberapa menit sebelum waktu tidur atau dilakukan secara terjadwal di jam-jam tertentu. Meditasi seperti ini merupakan tips cepat tidur yang cukup efektif bahkan juga dapat mengatasi stres. Tidur bisa lebih berkualitas dan kondisi tubuh bisa lebih fit sehingga Anda bisa terbebas dari stress yang memicu sulit untuk tidur. 

Mengontrol Makanan 

Makanan yang Anda konsumsi juga harus menjadi perhatian untuk membuat Anda bisa tertidur lebih cepat. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung karbo yang tinggi namun rendah lemak karena akan menurunkan kualitas tidur. Sebaliknya Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah karbo serta tinggi lemak. Usahakan untuk makan maksimal 4 jam sebelum tidur agar bisa dicerna dengan baik. 

Beberapa tips cepat tidur tersebut termasuk hal yang cukup sederhana namun sering disepelekan. Beberapa diantaranya bahkan tidak menyadari jika hal-hal tersebut dapat membantu Anda untuk segera tertidur. Intinya terapkan pola hidup yang sehat dan rutin berolahraga. (RK)


Tidak ada komentar untuk "Tips Cepat Tidur Agar Bisa Istirahat dengan Baik dan Berkualitas"