Featured Post

Profit Semakin Melimpah dengan Tribelio WhatsApp Broadcast

 

Profit semakin melimpah dengan tribelio whatsapp broadcast

Seiring dengan perkembangan teknologi, komunikasi kini bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah. Salah satunya aplikasi WhatsApp yang sangat populer dan banyak digunakan di seluruh dunia. Bukan hanya sekadar untuk berbagi pesan atau bertukar kabar, kini WhatsApp dapat digunakan untuk broadcast promosi bisnis.

Salah satunya Tribelio WhatsApp Broadcast yang dapat dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki. Secara umum kini memang sudah banyak yang berjualan di WhatsApp baik melalui status WhatsApp atau juga memanfaatkan broadcast WhatsApp untuk kegiatan promosi. 

Broadcast bermanfaat untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen. Namun tentu saja broadcast perlu dilakukan dengan hati-hati karena bagi yang tidak mengenal produk Anda, maka akan terasa akan merasa terganggu dengan broadcast tersebut. Berbeda jika broadcast disampaikan pada orang yang sudah kenal dengan produk kita, maka akan membantu untuk update produk dan menambah informasi.

Baca juga: Tips Mengatur Bujet Uang untuk Mahasiswa

WhatsApp Broadcast dalam Strategi Marketing

WhatsApp broadcast merupakan fitur dapat digunakan untuk mengirimkan pesan massal ke banyak nomor sekaligus. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu repot mengirim pesan satu per satu ke beberapa kontak. Pesan whatsapp yang dikirimkan secara broadcast sama halnya seperti pesan whatsapp pada umumnya. Konsumen akan menerima pesan secara individual dan jika mereka membalas maka pesan tersebut juga terlihat secara individual.

Broadcast melalui aplikasi WhatsApp ini tentunya lebih efektif jika dibandingkan harus mengirim pesan terkait promo dalam bentuk foto atau video ke seluruh kontak. Dengan demikian Anda tidak perlu mempromosikan produk melalui pemasangan iklan digital. Cukup dengan menggunakan fitur broadcast maka promosi dilakukan secara langsung kepada target konsumen.

Kegiatan promosi dapat berjalan dengan lebih cepat misalnya mengirimkan pesan tentang diskon produk, launching, voucher ataupun pengetahuan produk kepada pelanggan agar bisa tertarik untuk membacanya. Bisnis akan berjalan lebih hemat waktu dan efisien jika dibandingkan dengan harus menyebarkan pesan satu per satu.

Manfaat Menggunakan Tribelio WhatsApp Broadcast

Denny Santoso yang merupakan salah satu Digital Marketer yang sukses di Indonesia sekaligus founder Tribelio melihat WhatsApp sebagai salah satu senjata yang ampuh untuk mendatangkan omset penjualan hingga ratusan juta. Setelah sukses membantu banyak pebisnis membuat landing page melalui tribelio page, kini ada pula fitur tribelio WhatsApp broadcast yang tak kalah canggih dan bermanfaat.

Fitur ini sangat membantu para pebisnis yang ingin mengirimkan pesan ke banyak nomor dengan lebih cepat. Para pebisnis dapat melakukan aktivitas jual beli tanpa adanya batasan jarak dan waktu, namun dengan memanfaatkan internet. Berikut ini keuntungan atau manfaat menggunakan tribelio WhatsApp broadcast:

1. Lebih Hemat Waktu

Melakukan prinsip secara langsung seperti door to door tentunya harus menyiapkan banyak hal seperti kebersihan sistem pengamanan penjagaan dan lainnya. Hal tersebut tentu akan lebih menguras waktu karena dilakukan dengan cara yang konvensional. Promosi dengan memanfaatkan teknologi digital tentu lebih menghemat waktu dan bisnis bisa berkembang lebih cepat. 

Toko Anda dapat selalu buka hingga 24 jam dan pelanggan bisa melakukan transaksi kapan saja. Dengan menggunakan WhatsApp broadcast maka pebisnis dapat lebih cepat mengirimkan pesan ke banyak nomor yang tentunya menghemat waktu promosi.

Baca juga: Cara Membuat Foto Produk Menarik yang Menghasilkan Milyaran Rupiah

2. Jangkauan Market yang Lebih Luas

Fitur ini dapat membantu pebisnis mengembangkan usaha untuk dapat menjangkau calon konsumen lebih luas tanpa batas melalui internet. Berbagai iklan promosi yang menarik mengenai produk dapat disisipkan untuk dapat menarik perhatian pelanggan. Bisnis Anda akan banyak dikenal jika jangkauan customer-nya semakin besar.

3. Modal Lebih Terjangkau

Dengan memanfaatkan fitur WhatsApp Broadcast maka modal yang digunakan juga akan lebih efisien. Biaya promosi bisa lebih hemat hanya dengan mengeluarkan biaya internet saja. Anda tidak perlu repot menyediakan dana untuk menyewa tempat ataupun keperluan biaya toko.

4. Dapat Memudahkan Proses Pembayaran

Adanya fitur instant payment dan tribelio WhatsApp broadcast akan lebih memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi. Transaksi jual beli dapat dilakukan tanpa kenal waktu dengan menggunakan berbagai metode pembayaran yang dipilih. 

Baca juga: Tempat Wisata Gratis di Jawa Barat

Cara Mudah Menggunakan Tribelio WhatsApp Broadcast

Pada Kamis, 18 Agustus 2022, Indscript mengadakan sarapan Ibu-ibu Doyan Bisnis (IIDB) via Zoom bersama teh Indari Mastuti, Ko Denny Santoso dan juga Mas Darma Adi Nugroho (tim marketing Tribelio). Dari event ini, para blogger mendapatkan penjelasan yang cukup lengkap mengenai tribelio dan bagaimana menggunakan fitur WhatsApp Broadcast. 

Perlu diketahui bahwa Tribelio punya 4 plan yang dapat digunakan yaitu Free plan (gratis), page plan (Rp. 99.000,- per bulan), basic plan (Rp. 189.000,- per bulan) dan premium ( Rp. 398.000,- per bulan). Bagi yang ingin menggunakan fitur WhatsApp broadcast pada tribelio maka harus berlangganan versi basic plan terlebih dahulu. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memakai WhatsApp broadcast di antaranya:

  • Gunakan nomor baru yang sudah terhubung dengan whatsapp untuk menghindari terkena banned.
  • Disarankan untuk mengirim satu pesan maksimal ke 256 nomor dalam satu waktu
  • Satu pesan broadcast yang dikirimkan akan berbeda 10 detik dari satu nomor ke nomor lainnya dan anda bisa set mulai dari 15 detik.
  • Terdapat pilihan unsubscribe pada pesan yang dikirim jika diperlukan.
  • Pastikan handphone device atau perangkat handphone yang terhubung dengan nomor whatsApp yang digunakan tersebut memiliki koneksi internet. 

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan saat akan menggunakan Tribelio WhatsApp broadcast:

  1. Buka dashboard creator account Anda di Tribelio, pilih menu Broadcast
  2. Klik Create New Broadcast atau Create Now
  3. Masukkan Judul Campaign Broadcast dan klik Create
  4. Lakukan aktivasi terlebih dahulu dengan klik "Activation" agar dapat menggunakan broadcast dengan channel WhatsApp.
  5. Setelah diarahkan pada menu manage WhatsApp kolom setting, selanjutnya klik add WhatsApp
  6. Masukkan nama akun Anda dan nomor whatsApp yang akan di gunakan dan klik continue
  7. Sistem akan loading selama kurang lebih 10 detik dan scan pada aplikasi WhatsApp di handphone anda
  8. Untuk melakukan scan QR code pilih setting, Link device pada iOS atau cat pilih more option (simbol titik 3) dan link device pada android
  9. Setelah QR code terdeteksi maka tunggu beberapa saat agar dua device yaitu laptop dan handphone dapat terkoneksi
  10. Jika kedua device sukses terpasang selanjutnya akan ada notifikasi WhatsApp account successfully connected pada tampilan tribelio Anda. Terdapat history browser serta nama OS pada laptop yang terhubung di menu linked device aplikasi WhatsApp.
  11. Jika ingin mengatur waktu pengiriman antar pesan bisa dengan cara klik view detail lalu pilih configuration
  12. Secara otomatis default pengiriman antar pesan paling cepat 10 detik dan paling lambat 30 detik.
  13. Kembali ke menu broadcast campaign yang telah dibuat akan tersimpan secara otomatis sebagai draft, untuk melanjutkan pembuatan broadcast pilih menu edit
  14. Anda bisa membuat broadcast dengan beberapa channel sekaligus. Masukkan audiens yang merupakan penerima dengan cara klik add recepient. Anda juga bisa memasukkan audiens yang termasuk pada member tribe, smart list atau tag.
  15. Setelah memilih member source pilih save agar data penerima data tersimpan.
  16. Set waktu untuk pengiriman dan pada menu schedule klik add schedule
  17. Lengkapi tanggal kirim broadcast pada delivery date dan juga waktu pengirimannya pada menu delivery time dan klik simpan
  18. Setelah sentuh dan schedule terisi maka pesan broadcast dapat anda buat dengan cara klik add lalu tuliskan isi pesan pada notification message.
  19. Anda bisa mengedit sebutan audiens agar dapat memudahkan pencarian dan lebih terkategori caranya dengan menambahkan nama awal atau first name dan juga nama akhir atau last name.
  20. Klik save jika sudah selesai membuat pesan broadcast untuk menyimpan. Jika pesan broadcast siap untuk dikirim maka klik publish, Anda masih bisa mengubah pesan audiens waktu kirim atau bisa pula menambahkan channel lain untuk broadcast sebelum dipublish. Jika ingin melanjutkannya di lain waktu maka pilih menu finish letter agar camping dapat tersimpan sebagai draft secara otomatis.
  21. Gunakan minimal 1 channel untuk mengirim broadcast. Setelah selesai maka anda akan diarahkan pada tampilan awal broadcast di mana terlihat status draft sending atau sent. 

Progress campaign dapat dilihat pada filter view by status di kiri atau detail pengiriman pada view report. Data message terkirim, message terbaca dan juga yang gagal terkirim juga disediakan pada fitur ini. Jika penerima pesan mematikan last seen daripada setting WhatsApp miliknya maka jika pesan tersebut telah terbaca tidak akan terdeteksi sebagai read. Sedangkan jika terdapat failed maka bisa saja penyebabnya karena sistem gagal mengirim pesan atau tidak memiliki data nomor HP dari audiens tersebut.

Itulah cara menggunakan tribelio WhatsApp broadcast yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan promosi dan lebih dekat dengan calon konsumen. Informasi yang disampaikan kepada calon konsumen bisa lebih banyak dan efektif. Bersiaplah untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak dari landing page dan fitur WhatsApp broadcast!



Tidak ada komentar untuk "Profit Semakin Melimpah dengan Tribelio WhatsApp Broadcast"