Featured Post

Berencana Beli Apartemen? Simak Tips ala Properti1, Yuk!

 

tips beli properti

Apartemen merupakan hunian vertikal masih menjadi pilihan bagi keluarga terutama di era modern ini. Banyak apartemen yang menyediakan fasilitas lengkap mulai dari sarana olahraga bahkan sarana hiburan yang nyaman. Berbagai fasilitas yang ada tentunya akan lebih memudahkan anggota keluarga saat akan beraktivitas. 

Tren harga properti yang semakin meningkat, membuat beberapa orang perlu berpikir ekstra untuk memiliki properti atau hunian yang nyaman. Bukan hanya bagaimana bisa mendapatkan hunian yang strategis, tapi juga bagaimana mendapatkan hunian dari agen properti yang benar-benar terpercaya.

Yups, maraknya penipuan bahkan penggelapan dana untuk pembelian apartemen menjadikan banyak pihak lebih waspada mengingat dana yang dikeluarkan juga tidak sedikit. Perlu teliti memilih agen yang benar-benar memiliki kredibilitas saat akan membeli apartemen.

Kelebihan Apartemen

Lahan kosong kini sudah semakin jarang khususnya di kota-kota besar. Jika ada pun dapat dipastikan harganya bikin geleng-geleng kepala. Apartemen bisa menjadi solusi dengan beberapa kelebihan bagi penghuni. Berikut beberapa kelebihan memiliki tempat tinggal hunian vertikal atau apartemen:

Fasilitas yang Memadai

Tinggal di apartemen biasanya penghuni dimanjakan dengan berbagai fasilitas. Mulai dari tempat laundry, kolam renang, tempat parkir yang luas, ruang gym dan lain-lain. Beberapa apartemen bahkan berdekatan dengan fasilitas pendidikan / sekolah sehingga mobilitas akan semakin lebih mudah.

Keamanan yang Terjamin

Keamanan 24 jam disertai CCTV akan memberi rasa aman terutama bagi yang kerap merasa was-was. Petugas keamanan juga akan memeriksa setiap pengunjung yang datang ke apartemen jadi terlebih dahulu sudah diantisipasi untuk meminimalisir kejahatan.

Lebih Praktis

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia dan juga faktor keamanan, tinggal di apartemen dinilai lebih praktis jika dibandingkan dengan hunian tapak. Segala sesuatunya sudah dirancang untuk lebih memudahkan penghuni.

Suasana Lebih Tenang

Rumah menjadi tempat beristirahat yang menenangkan setelah seharian beraktivitas. Suasana yang tenang bisa Anda dapatkan saat menempati apartemen. Kebanyakan penghuni apartemen juga ingin lebih tenang sehingga mengerti akan kebutuhan yang satu ini. Tak jarang ada pula yang memasang peredam suara agar tidak mengganggu sekitar. 

Lokasi Strategis

Rumah tapak banyak ditawarkan dengan harga miring, namun lokasinya terkadang jauh dari fasilitas umum atau akses kendaraan. Tak heran faktor ini membuat Anda perlu berpikir ulang. Apartemen cenderung dekat dengan fasilitas umum dan juga memiliki lokasi yang strategis. Kelebihan ini dapat menguntungkan misalnya lebih mudah saat akan berangkat kerja.

Sarana untuk Berinvestasi

Sudah bukan rahasia lagi, apartemen bisa menjadi sarana investasi yang menguntungkan di masa depan. Hunian memiliki harga yang bahkan meningkat setiap tahunnya. Para investor tentunya akan mengambil peluang emas ini. Anda bisa mencari properti yang sesuai dengan keinginan atau ketersediaan dana secara online misalnya melalui website properti1.com.

Baca juga: 

Tips Membeli Apartemen untuk Pemula

tips membeli apartemen

Bagi pemula yang akan membeli properti, tentunya harus memahami tips apa saja yang sebaiknya diperhatikan saat akan bertransaksi. Banyak pembeli yang berniat membeli bahkan untuk investasi tapi terpaksa gigit jari karena penipuan. 

Harga hunian yang naik setiap tahunnya tentu juga harus menjadi pertimbangan. Jika dana sudah terkumpul, sebaiknya tidak menunda membeli apartemen atau hunian. Berikut ini tips ala Properti1 yang bisa Anda perhatikan saat akan membeli apartemen:

Siapkan Dana

Untuk membeli sebuah apartemen tentu harus mempertimbangkan apakah akan membeli secara tunai atau cicilan KPR. Terlebih dahulu Anda harus mengumpulkan uang untuk bayar uang muka atau down payment (DP) jika memilih KPR. 

Uang muka akan menentukan seberapa besar beban cicilan selanjutnya. Jadi, ketersediaan dana memang harus benar-benar diperhatikan untuk mengambil langkah yang tepat saat pembelian rumah atau apartemen.

Pilih Developer yang Terpercaya

Rekam jejak developer properti yang akan dibeli sangatlah penting. Banyak pembeli yang tertipu karena terburu-buru dan tidak mengetahui rekam jejak developer dari apartemen yang akan dibeli. Anda bisa mengecek jejak proyek perumahan yang sudah jadi dengan melakukan survei ke perumahan developer tersebut. Langkah selanjutnya jangan lupa untuk cek status developer melalui Sistem Registrasi Pengembang (SIRENG) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Developer yang terpercaya tentunya akan menyediakan pembayaran KPR melalui banyak Bank. Banyak Bank yang bekerjasama menandakan developer tersebut sesuai dengan standar khusus yang sudah ditetapkan. 

Perhatikan Lokasi dan Infrastruktur

Tahapan ini cukup penting agar dapat melihat bagaimana suasana apartemen, fasilitas atau infrastruktur lainnya seperti jalan tol dan lainnya. Beberapa developer menawarkan beberapa fasilitas yang ternyata masih dalam proses pembangunan. Survei secara langsung sangat penting untuk memastikan.

Periksa Status Lahan dan Kelengkapan Dokumen

Aspek ini juga cukup penting mengenai status lahan apakah termasuk residensial atau komersial. Golongan komersial umumnya memiliki taksiran dan tagihan biaya seperti listrik air dan kebersihan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan yang termasuk residensial. Jangan lupa untuk memeriksa jenis sertifikat pada tanah atau suatu bangunan. Pada apartemen biasanya sertifikat yang dimiliki adalah HGB atau hak guna bangunan yang selanjutnya perlu diperbarui. 

Cari Tahu Usia Bangunan

Usia bangunan apartemen cukup penting jika Anda membeli apartemen lama. Apartemen dengan bangunan lama biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar dibandingkan bangunan baru. Perlu teliti saat cek lokasi termasuk berbagai fasilitas umum yang akan digunakan.

Siapkan Biaya Selain Harga Apartemen

Proses pembelian apartemen biasanya disertai berbagai biaya, misalnya biaya booking, KPA, AJB dan biaya lainnya. Biaya pertama yang dikeluarkan biasanya booking fee sesuai dengan ketentuan developer. Jika proses pembayaran secara kredit biasanya harus membayar biaya KPA atau Kredit Pemilikan Apartemen sesuai kesepakatan bank dengan developer. Jangan lupa juga menyisihkan dana untuk Akta Jual Beli, biaya perawatan dan lainnya.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, Anda bisa membeli apartemen yang nyaman tanpa rasa was-was. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang apartemen yang akan dibeli. Anda bisa mendapatkan informasi secara online misalnya dengan mengunjungi website apartemen123.com . Situs ini menyediakan berbagai informasi apartemen yang dijual ataupun dapat disewa di berbagai daerah. Simple dan praktis, kan? Segera tentukan apartemen pilihan Anda!

Tidak ada komentar untuk "Berencana Beli Apartemen? Simak Tips ala Properti1, Yuk!"