Featured Post

Rekomendasi Wisata Jawa Barat yang Cocok Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga

wisata jawa barat

Hari libur kerap menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk menikmati hari libur tersebut. Salah satu kegiatan yang dapat Anda lakukan untuk mengisi hari libur yaitu dengan berwisata bersama keluarga. Wisata Jawa Barat dapat menjadi pilihan yang tepat untuk tempat berlibur bersama keluarga. Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut!

Rekomendasi Tempat Wisata Jawa Barat

Selain terkenal dengan kulinernya, daerah Jawa Barat juga dikenal dengan beragam objek wisata. Hampir setiap daerah di Jawa Barat memiliki objek wisata yang menjadi ciri khas daerah tersebut.

Salah satu objek wisata yang cukup terkenal diantaranya tempat wisata di daerah Bandung dan Garut. Banyak wisatawan yang datang untuk berlibur di daerah tersebut. Berikut tempat wisata di daerah Bandung dan Garut yang dapat Anda kunjungi saat hari libur:

Ranca Upas

ranca upas

Foto: Idntimes

Salah satu tempat wisata di Bandung ini terletak di Jalan Raya Ciwidey-Patengan No. KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Tempat wisata Jawa Barat ini  terkenal dengan objek wisata yang cocok untuk dijadikan tempat berkumpul bersama keluarga. Di Ranca Upas ini Anda dapat bercamping bersama keluarga sambil menikmati pemandangan yang asri dengan udara yang segar.

Harga tiket masuk objek wisata ini cukup murah, cukup membayar Rp.20.000,- per orang, harga tersebut belum termasuk tiket wahana. Selain memiliki pemandangan alam yang indah dilengkapi dengan kebun teh yang luas, Ranca Upas ini memiliki banyak fasilitas wisata lain yang menarik untuk dicoba. Berikut 3 Wahana di Ranca Upas yang sayang jika dilewatkan:

1. Smart Camp Adventure

Ranca upas memiliki area cukup luas yang dapat digunakan untuk camping dengan kapasitas mencapai 1.000 orang. Tempat ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi yang ingin camping di daerah Bandung.  Jika Anda akan camping lebih dari 40 orang, disarankan untuk booking terlebih dahulu areal camping ground dengan harga Rp.500.000,-. Biaya booking tersebut belum termasuk biaya sewa tenda atau extra bed.

2. Pemandian Air Panas dan Kolam Renang

Wahana pemandian air panas di Ranca Upas ini tentunya dapat melepas rasa penat. Air panas yang mengandung belerang dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan menghilangkan penat. Fasilitas kolam renang dan waterboom dapat menjadi rekomendasi untuk anak-anak bermain air. Lokasi kolam renang ini menyatu dengan pemandian air panas. Cukup dengan membayar Rp.15.000,- Anda dapat menikmati fasilitas kolam renang dan pemandian air panas.

3. Penangkaran Rusa

Pada wahana ini, terdapat ratusan rusa yang hidup di alam bebas yang menyerupai dengan habitat aslinya. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan rusa-rusa tersebut dan juga dapat memberi makan langsung rusa-rusa tersebut.

Jika Anda tidak membawa makanan untuk rusa, bisa membelinya di pusat pembelian makanan rusa hanya dengan membayar Rp.15.000,- saja. Wahana ini tentu saja sangat menyenangkan utamanya bagi anak-anak.

Baca juga:

Talaga Bodas 

Foto: pergidulu.com

Wisata Jawa Barat selanjutnya adalah Talaga Bodas. Talaga Bodas adalah salah satu tempat wisata di Garut yang identik dengan danau. Nama bodas digunakan karena air telaga tersebut terlihat berwarna putih. 

Telaga ini berwarna putih disebabkan kandungan air danau yang terbentuk dari kawah memiliki kandungan belerang.  Kawah Talaga Bodas ini berada di lereng gunung Galunggung tepatnya pada ketinggian 1512 mdpl. Kawasan dengan luas 23,85 hektare ini berbatasan langsung dengan hutan dan pegunungan yang indah.

Air Talaga Bodas ini sering dimanfaatkan sebagai sumber air panas dan tak jarang digunakan untuk pengobatan. Anda cukup membayar Rp.10.000,- untuk tiket. Tempat wisata ini buka setiap hari dengan jam operasional 06.00-17.45. 

Banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan di kawasan tersebut. Pengunjung dapat melakukan trekking dan hiking  dengan pemandangan alam yang sangat indah. Wisatawan juga dapat mandi di kolam air panas yang terletak di kolam rendam yang letaknya berdekatan dengan kawah Talaga Bodas.

Para wisatawan juga dapat berfoto di kawasan ini dengan pemandangan yang terlihat luas menyerupai pantai dengan ombak dan bebatuan putih. Anda pasti akan dibuat takjub dengan pemandangan di objek wisata ini. 

Talaga Bodas ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di ujung jalan kawah terdapat beberapa saung dan toilet. Area parkirnya juga tertata dan dikelola dengan baik, selain itu terdapat mushola dan beberapa kedai kuliner yang melengkapi fasilitas kawasan ini.

Itulah wisata Jawa Barat yang dapat menjadi rekomendasi untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempatnya yang asri dan dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu libur bersama keluarga.  (fs)


Tidak ada komentar untuk "Rekomendasi Wisata Jawa Barat yang Cocok Untuk Dikunjungi Bersama Keluarga"