Featured Post

5 Olahan Daging Sapi Khas Sumatera Barat

Tikeltikel.com

Tikeltikel.com - Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang enak, daging sapi juga memiliki banyak nutrisi. Meskipun begitu tetap saja daging sapi ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Indonesia memiliki berbagai macam jenis makanan berbahan dasar daging sapi seperti bakso atau olahan lainnya. Hampir  setiap daerah dapat ditemui berbagai macam olahan daging sapi, salah satunya di provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga: Resep Ayam Kecap dan Tips agar Membuatnya Jadi Hidangan Paling Spesial

Olahan Daging Sapi Khas Sumatera Barat 

Sumatera Barat adalah salah satu daerah di Indonesia yang terkenal akan kelezatan kulinernya. Salah satunya adalah kuliner dengan bahan dasar daging sapi. Berikut ini adalah 5 olahan daging sapi yang berasal dari Sumatera Barat:

Rendang

Tikeltikel.com

Sumber foto: Fimela

Rendang adalah salah satu makanan khas  Sumatera Barat yang sudah mendunia. Makanan yang berbahan dasar daging sapi ini terkenal akan cita rasanya yang sangat lezat. Kuliner ini terbuat dari daging, berbagai macam bumbu dan santan yang dimasak bersama hingga santan mengering. 

Rasanya yang manis, gurih dan pedas membuat rendang ini banyak diminati oleh banyak orang. Di Indonesia, rendang biasanya disajikan di perayaan perayaan atau hari-hari besar seperti di hari raya umat Islam seperti hari raya idul fitri ataupun idul adha, pesta pernikahan dan hari-hari besar lainnya. 

Baca Juga: 3 Cemilan Diet Ini Ternyata Bisa Anda Buat dengan Mudah

Dendeng Balado

Tikeltikel.com

Sumber foto: Shutterstock/Michaelnero

Olahan daging sapi khas Sumatera Barat yang tak kalah terkenal juga adalah Dendeng balado. Dendeng balado ini terbuat dari daging sapi yang diiris tipis, di bumbui, dipukul pukul kemudian dijemur sampai kering. 

Setelah dijemur, daging digoreng sampai matang. Setelah itu daging dimasak dengan bumbu balado yang didominasi oleh cabai merah. Rasa dendeng balado yang dominan pedas tentu saja cocok dengan lidah orang Indonesia yang sangat familiar dengan makanan pedas. Dendeng balado ini bisa Anda temui di rumah makan padang. 

Kalio

Olahan daging sapi selanjutnya yang wajib Anda coba adalah kalio. Kalio adalah sebutan rendang setengah jadi, karena bahan, bumbu dan proses memasaknya sama seperti rendang. Hanya saja, yang membedakannya kalio tidak dimasak sampai kering tapi hanya sampai kuahnya mengental. Dibandingkan dengan kalio, rendang mengeluarkan aroma rempah yang lebih tajam. Di rumah makan padang di luar Sumatera Barat Kalio sering disebut sebagai rendang, karena perbedaannya hanya dari segi durasi memasaknya saja. 

Baca Juga: Resep Nasi Goreng yang Mudah dan Bisa Anda Coba

Asam Padeh Daging 

Tikeltikel.com

Sumber foto: Kompas

Sesuai dengan namanya, asam padeh daging memiliki cita rasa  asam dan pedas. Rasa asam berasal dari asam kandis, sedangkan rasa pedas berasal dari cabai segar yang juga berasal dari Sumatera Barat. Perpaduan rasa asam dan pedas ini yang membuat makanan ini cukup banyak diminati oleh para pecinta masakan padang.

Sate Padang 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Sumatera Barat yang satu ini. Sate di Sumatera Barat memiliki berbagai macam variasi. Untuk sate, setiap daerah di Sumatera Barat memiliki ciri khas masing-masing . Kuahnya yang umumnya berwarna merah atau oranye menjadi salah satu ciri khas dari sate di daerah Padang ini. 

Tak hanya itu, sate padang juga memiliki cita rasa yang cukup pedas. Bukan hanya dagingnya saja, setiap bagian dari sapi bisa dijadikan sebagai bahan sate padang ini. Seperti bagian paru, jantung, lidah bahkan usus bisa jadi bahan dari hidangan lezat ini. 

Itulah 5 Olahan daging sapi yang bisa Anda coba saat berkunjung ke daerah Sumatera Barat. Atau mungkin Anda bisa coba membuatnya sendiri. Selamat mencoba! (FS)




         


Tidak ada komentar untuk " 5 Olahan Daging Sapi Khas Sumatera Barat "