Featured Post

Resep Nasi Goreng yang Mudah dan Bisa Anda Coba

 


Nasi goreng adalah makanan klasik yang bisa dibawa pulang karena cepat, mudah, mengenyangkan, lezat, dan murah, yang merupakan makanan praktis yang hampir semua orang menyukainya.

Menu ini banyak disukai bukan hanya rasanya melainkan juga cara penyajiannya yang dibilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jadi, tentu saja Anda bisa membuatnya sendiri selama di rumah dengan varian selera yang Anda suka.

Baca juga: Resep Ayam Kecap dan Tips agar Membuatnya jadi Hidangan Spesial

Cara Membuat Nasi Goreng

Nasi goreng adalah masakan Cina yang terbuat dari nasi matang yang kemudian digoreng dalam wajan dengan bahan-bahan lain, seperti daging, seafood, sayuran, dan telur, kemudian dibumbui dengan saus yang gurih.

Ini sangat fleksibel dan ramah anggaran, itulah sebabnya banyak yang menyukai hidangan ini! Lalu bagaimana langkah dan bahan apa saja yang perlu disiapkan? Berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan!

Gunakan Sisa Nasi yang Ada

Untuk menghindari nasi goreng yang menggumpal atau bergetah, gunakan nasi yang telah dimasak sebelumnya dan didinginkan sepenuhnya, sebaiknya semalaman. Nasi yang sedikit lebih kering dan sedikit mengandung tepung sangat cocok untuk menumis karena dapat menyerap kelembapan dari saus dan sayuran tanpa menjadi terlalu lengket. 

Jika Anda tidak memiliki sisa nasi dari hari sebelumnya, cukup masak nasi, sebarkan tipis di atas loyang atau loyang lebar untuk pendinginan lebih cepat, lalu dinginkan sampai benar-benar dingin sebelum digunakan di tumis.


Baca juga: 3 Cemilan Diet Ini Ternyata Bisa Anda Buat Dengan Mudah

Siapkan Bahan-Bahannya!

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah sebagai berikut:

  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 1 sdt jahe segar parut 
  • 1 wortel, potong dadu 
  • 1 paprika merah, potong dadu 
  • 4 bawang hijau, iris 
  • 2 butir telur besar 
  • 1 cangkir kacang polong beku 
  • 3 sdm minyak goreng, dibagi 
  • 3 cangkir nasi yang dimasak dan didinginkan 
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 sdm minyak wijen panggang 

Langkah-Langkah Membuat Nasi Goreng

Siapkan sayuran terlebih dahulu sehingga siap digunakan saat dibutuhkan. Cincang bawang putih, parut jahe, potong dadu wortel dan paprika, iris bawang hijau (pisahkan ujung hijau dari ujung putih), dan ukur kacang polong beku.

Kocok ringan telur dalam mangkuk kecil. Panaskan wajan besar di atas sedang. Setelah panas, tambahkan 2 sdm minyak goreng dan aduk untuk melapisi permukaan. Masukkan telur dan orak arik perlahan hingga matang. Pindahkan telur yang sudah dimasak ke mangkuk atau piring bersih.

Harus ada cukup banyak minyak yang tersisa di wajan. Nyalakan api hingga sedang-tinggi. Tambahkan wortel potong dadu dan aduk dan masak selama sekitar dua menit. Selanjutnya tambahkan paprika dan ujung putih bawang bombay. 

Masak dan aduk selama satu menit lagi. Terakhir, tambahkan kacang polong beku dan aduk dan masak sampai panas. Pindahkan sayuran ke mangkuk atau piring bersih. ambahkan sisa 1 sdm minyak goreng ke dalam wajan dan aduk untuk melapisi permukaannya. 

Tambahkan bawang putih, jahe, dan nasi yang dimasak dan didinginkan ke dalam wajan. Aduk dan masak selama sekitar 2 menit, atau sampai nasi panas. Tuangkan kecap dan minyak wijen panggang di atas nasi. Aduk nasi dan saus bersama-sama sampai tercampur rata. Matikan api.

Tambahkan telur dan sayuran kembali ke wajan dengan nasi dan aduk hingga rata. Biarkan sisa panas memanaskan semuanya. Taburi dengan sisa daun bawang hijau yang diiris. Cicipi dan sesuaikan kecap atau minyak wijen sesuai dengan keinginan Anda. Itulah cara mudah dan enak untuk membuat resep nasi goreng. Semoga membantu!


Tidak ada komentar untuk "Resep Nasi Goreng yang Mudah dan Bisa Anda Coba"