Featured Post

3 Tempat Wisata Gratis di Jawa Barat yang Sayang Jika Anda Lewatkan

tikeltikel.com


Tikeltikel.com - Liburan selalu menjadi agenda yang hadir dalam setiap waktu luang dan dimiliki semua orang. Tempat wisata gratis di Jawa Barat seringkali menjadi destinasi impian setiap kalangan. Bukan hanya itu, destinasi wisata berbayar di Jawa Barat juga tetap memiliki pesona tersendiri yang membuat banyak orang sulit melepaskan diri.

Jawa Barat memang dikenal sebagai salah satu daerah dengan jutaan destinasi wisata menggoda baik wisata alam maupun wisata buatan. Bukan hanya warga Jawa Barat itu sendiri, warga dari daerah lain hingga turis luar negeri juga seringkali sengaja mendatangi daerah Jawa Barat hanya untuk berlibur.

Diantara berbagai destinasi wisata yang dimilikinya, ada beberapa destinasi wisata yang bisa Anda datangi tanpa harus membayar tiket masuk alias gratis. Apa saja destinasi wisata yang dimaksud ? Berikut ulasannya.

Gunung Lembu

tempat wisata gratis di jawa barat

Sumber: liputan6.com

Anda senang berlibur ke lokasi wisata alam yang indah ? Mungkin Anda harus segera menjadwalkan liburan Anda ke Gunung Lembu. Gunung Lembu merupakan salah satu gunung yang terletak di sekitaran wilayah Waduk Jatiluhur, Purwakarta.

Gunung Lembu hanya memiliki ketinggian 700 meter di atas permukaan laut namun mampu menyajikan pemandangan Waduk Jatiluhur dan gunung di sekitarnya dengan sangat indah. Untuk sampai ke Gunung Lembu, Anda harus mendaki sekitar tiga jam lamanya dengan medan yang lumayan berat.

Namun jangan khawatir, Anda pasti akan puas melihat pemandangan yang indah di gunung ini. Anda juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di puncak Gunung Lembu untuk bisa menikmati panorama gunung yang indah. 

Tidak mahal, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk membayar tiket masuk menuju ke Gunung Lembu. Anda hanya perlu memberi seikhlasnya pada warga sekitar yang membantu menjaga lingkungan gunung.

Forest Walk Babakan Siliwangi

tikeltikel.com

Sumber: wisatabdg.com

Tempat wisata gratis di Jawa Barat selanjutnya terletak di pusat Jawa Barat yaitu Bandung. Forest Walk Babakan Siliwangi merupakan lokasi wisata yang tepat digunakan untuk berlibur bersama keluarga maupun kawan terdekat tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Ya, jika Anda ingin makan di lokasi wisata ini tentu Anda harus mengeluarkan uang untuk membeli makanan yaa.

Babakan Siliwangi merupakan forest walk terbesar di Indonesia dengan luas mencapai 3,8 hektar. Lantas jika luas tempat wisata ini sebesar itu, mana mungkin ia menjadi destinasi wisata gratis? Perlu diketahui bahwa Babakan Siliwangi merupakan tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah sehingga tidak memungut biaya sepeserpun sebagai tiket masuk.

Anda hanya perlu datang ke lokasi dan menikmati keindahan dan keasrian hutan tanpa harus memikirkan biaya. Babakan Siliwangi ini juga sering digunakan untuk berbagai kegiatan seperti olahraga, gathering, dan lain sebagainya.

Kampung Cibunut

tempat wisata gratis di jawa barat

Sumber: hipwee.com

Ingin ke tempat wisata yang instagramable tapi gratis ? Anda wajib datang ke Kampung Cibunut. Masih di Bandung, Kampung Cibunut sendiri merupakan kampung penuh warna dengan 500 rumah yang di cat dan diberi gambar mural yang sangat unik.

Anda bisa berkeliling di Kampung Cibunut untuk mencari spot foto yang Anda sukai dan memotret lingkungan sesuka hati Anda tanpa harus memikirkan biaya apapun. Awalnya Kampung Cibunut ini diberi berbagai warna cat untuk membedakan beberapa wilayah yang dinilai cukup mirip dan membingungkan para pendatang.

Namun siapa sangka jika hal ini justru membuat banyak orang menjadikan kampung ini sebagai destinasi wisata. Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi Kampung Cibunut ?

Itulah beberapa tempat wisata gratis di Jawa Barat yang masih banyak dikunjungi oleh berbagai turis baik domestik maupun internasional. Berlibur nyatanya tidak harus mengeluarkan budget tinggi dengan persiapan selama berbulan-bulan. Selama ada yang gratis mengapa tidak. Tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi?




10 komentar untuk "3 Tempat Wisata Gratis di Jawa Barat yang Sayang Jika Anda Lewatkan"

  1. cocok buat temen temen yang mau healing tapi lagi seret budget yaa. tempatnya juga bagus bagus banget recomended deh dan gratis lagi. kan lumayan juga healingnya dapet badgetnya tetep aman dikantong dong

    BalasHapus
  2. Wah iya, OCD merupakan salah satu gangguan mental buang harus cepat ditangani ya mbak

    BalasHapus
  3. Eh mas, yang forest walk Babakan Siliwangi itu di kota Bandungnya atau masih jauh? Kok kayaknya menarik ya, kebetulan ada kakak di sana dan sering disuruh datang untuk main. Hahaha

    BalasHapus
  4. Kalau ke Forest Walk Babakan Siliwangi ini favorit banget..
    Tapi kudu siap-siap dengan "pemandangan" hihi...((gimana ini ngomongnya??)) intinya di jam-jam tertentu ada banyak anak sekolahan nongki di sana.

    Tapi enaknya, deket sama wisata Cikapundung River Spot.

    BalasHapus
  5. Walaupun gratis, enggak kalah seru deh ini. Kalau saja dekat, saya juga mau. Terutama ke Gunung Lembu. Pas untuk pemula seperti saya :)

    Kalau di Malang sini, ada juga hutan kota yang konsepnya mirip Forest Walk Babakan Siliwangi itu. Kampung Warna-warni Jodipan juga mirip nih dengan Kampung Cibunut.

    BalasHapus
  6. Wah aku terpesona dg kreativitas. Kampung cibunut banyak jadi incaran milenial nih.

    Tapi aku lebih tertarik suasana alam seperti forest walk itu...asri

    BalasHapus
  7. Wah bagus banget nih rekomendasinya buat traveling yang low budget. ke forest walk sepertinya seru

    BalasHapus
  8. wah baru tahu nih 3 tempat wisata ini di jabar. selama ini tahunya cuma gunung tangkuban perahu dan yang lainnya. hehe. saya penasaran sama forest walk itu panjangnya berapa km ya?

    BalasHapus
  9. Aku tertarik dengan forest walk itu. Senang banget pasti rasanya menghabiskan waktu berjalan2 di tengah hutan yang dikelola, bukan hutan rimba maksudnya. Kita juga bisa menghirup udara yang lebih segar karena dikelilingi pepohonan.

    BalasHapus
  10. Wah, aku pernah ke Forest Walk Siliwangi ini seneeengg banget anak-anak lari-larian... sayangnya aku pas itu salah alas kaki, jadi pegel.. hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar