Featured Post

7 Alasan Bisnis UMKM Wajib Memiliki Rekening Bisnis di Fintech Keuangan

 

Rekening bisnis

Tikeltikel.com Seiring dengan perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut mengambil bagian dalam memanfaatkan teknologi tersebut untuk kepentingan bisnis. 

Salah satu produk teknologi digital yang mendukung perkembangan bisnis UMKM adalah teknologi finansial (fintech) yang sangat berguna dalam meningkatkan efisiensi dan operasional bisnis. Anda bisa menggunakan fitur yang tersedia dalam fintech keuangan, misalnya rekening bisnis untuk mengelola keuangan bisnis dengan lebih terukur. 

Rekening tabungan bisnis adalah jenis rekening bank yang ditujukan khusus untuk keperluan bisnis atau usaha. Rekening ini digunakan oleh pemilik bisnis atau perusahaan untuk mengelola transaksi keuangan bisnis, seperti menerima pembayaran dari customer, membayar biaya operasional, penggajian karyawan, dan menyimpan dana aset perusahaan. 

Rekening bisnis dibuat atas nama perusahaan atau bisnis, dan bukan nama perorangan. Pemilik bisnis dan beberapa karyawan atau rekan bisnis yang ditunjuk dapat memiliki akses ke rekening ini dengan tujuan untuk mengelola dan mengakses dana bisnis.

Alasan Bisnis UMKM Wajib Memiliki Rekening Bisnis di Fintech

Fintech merupakan inovasi teknologi yang dapat membantu bisnis untuk memperoleh fasilitas layanan keuangan digital. Fintech mencakup berbagai aplikasi yang menjadi solusi baru untuk sektor keuangan, meliputi pembayaran digital, P2P lending, asuransi, dompet digital, robo-advisors dalam investasi, crowdfunding, hingga blockchain dan cryptocurrency.

Fintech telah mengubah cara bisnis berinteraksi lebih efisien, terjangkau, dan mudah diakses. Dengan begitu, fintech keuangan menawarkan banyak manfaat bagi bisnis. Berikut ini beberapa alasan penting mengapa bisnis UMKM wajib punya rekening bisnis di fintech keuangan.

1. Kemudahan Akses Keuangan 

Fintech keuangan menyediakan kemudahan akses ke layanan keuangan yang dibutuhkan bisnis. UMKM dapat membuka rekening tabungan bisnis dengan cepat

Anda tidak harus melalui proses panjang dan rumit serta menyediakan waktu lebih lama untuk membuka rekening atau melakukan transaksi di bank konvensional. 

Semua layanan dilakukan secara online, beberapa fintech bahkan memiliki aplikasi yang bisa diunduh melalui smartphone agar lebih praktis. Melalui inovasi teknologi keuangan digital tersebut, bisnis bisa memulai operasional dan mengakses dana dengan lebih cepat

2. Biaya yang Lebih Rendah

Fintech menawarkan biaya administrasi yang lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional. Biaya-biaya yang umumnya dibebankan pada pemilik rekening adalah biaya transaksi, biaya transfer uang, hingga biaya administrasi bulanan. 

Dengan biaya yang lebih rendah, maka bisnis UMKM dapat menghemat dana kas bisnis dengan memanfaatkan solusi keuangan yang lebih efisien.

3. Kemudahan Transaksi dan Pembayaran

Fintech merupakan platform keuangan digital. Dengan memiliki rekening bisnis di fintech keuangan, maka bisnis Anda dapat melakukan transaksi dan pembayaran dengan lebih mudah. 

Anda dapat menerima pembayaran dari customer melalui berbagai metode pembayaran yang disediakan, misalnya pembayaran kartu kredit, transfer dari dompet elektronik, atau pembayaran digital dengan kode QR yang mudah digunakan.

4. Integrasi dengan Layanan Lainnya

Fintech keuangan juga menawarkan integrasi dengan berbagai layanan terkait, seperti layanan pembayaran terpadu, aplikasi akuntansi, dan platform e-commerce. Ini membuat manajemen bisnis menjadi lebih efisien, menghemat waktu, dan mengoptimalkan proses operasional.

5. Dukungan Pembiayaan

Banyak fintech keuangan menawarkan opsi pembiayaan dan pinjaman bisnis yang mudah dan lebih fleksibel. UMKM dapat dengan mudah mengajukan dana pinjaman tambahan untuk mendukung pertumbuhan bisnis atau mengatasi masalah keuangan yang mungkin terjadi dalam operasional bisnis.

6. Keamanan dan Kecepatan

Fintech keuangan didukung dengan sistem keamanan berteknologi tinggi untuk melindungi dana dan data rekening bisnis. umumnya tersedia pengamanan ganda dengan kode akses dan autentikasi dua faktor untuk perlindungan tingkat lanjut terhadap akun bisnis Anda. Selain itu, seluruh transaksi dan layanan lebih cepat dan responsif dibandingkan dengan bank tradisional.

7. Tersedia Layanan 24/7

Keunggulan fintech yang tak kalah penting adalah ketersediaan layanan 24/7. Anda dapat mengakses akun bisnis Anda, melakukan transaksi, dan melacak keuangan bisnis Anda kapan saja dan di mana saja, tanpa harus mengikuti jam kerja seperti bank konvensional.

Memiliki rekening bisnis di fintech keuangan membuka peluang bagi UMKM untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan bisnis dengan lebih baik. Dengan semua keunggulan yang ditawarkan teknologi finansial, UMKM dapat mempercepat pertumbuhan dan efisiensi operasional, memungkinkan bisnis untuk meraih sukses lebih besar.

Sekarang saatnya bisnis Anda memanfaatkan teknologi keuangan digital yang sudah tersedia. Dari banyaknya fintech keuangan yang ada di pasaran, Anda bisa menentukan pilihan terbaik seperti Fazz. Perusahaan pendanaan tersebut sudah memiliki banyak portofolio dalam membantu perkembangan bisnis di Asia.

Sebagai fintech keuangan dan neobank, Fazz membantu bisnis UMKM membuka rekening bisnis lebih mudah, cepat, dan praktis untuk mengelola keuangan dan operasional bisnis. Seluruh layanan keuangan dan transaksi bisnis dilakukan secara online dengan akses 24/7. Tak hanya itu, Fazz juga menawarkan biaya administrasi yang lebih rendah dan suku bunga yang lebih tinggi daripada bank konvensional.

Tidak ada komentar untuk "7 Alasan Bisnis UMKM Wajib Memiliki Rekening Bisnis di Fintech Keuangan"